News

Ciptakan Aplikasi untuk Pelajar Disabilitas, 2 Siswa Madrasah Raih Emas di Ajang IICYMS 2023

28 Mei 2023
Event Details Images

Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 4 Jakarta berhasil meraih medali emas dalam International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS). Mereka adalah Ayla Zahara Nibras dan Nayla Anindya. Pelajar kelas X MAN 4 Jakarta ini berhasil mengalahkan para pesaingnya dari luar negeri setelah berhasil menciptakan aplikasi yang berguna bagi pelajar dengan disabilitas ciptakan Aplikasi untuk Pelajar Disabilitas, 2 Siswa Madrasah Raih Emas di Ajang IICYMS 2023".

Aplikasi yang dinamai EDISTA atau Education for Diverse and Inclusive Student Transformation & Advancement ini dirancang untuk mampu mengecek kesehatan mental pelajar dengan disabilitas. IICYMS merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kompetisi ini berlangsung di Bandung selama tiga hari, mulai 23-26 Mei 2023. “Prestasi ini menjadi kebanggaan bagi MAN 4 Jakarta Selatan. Semoga menjadi motivasi bagi semuanya baik siswa maupun para guru," kata Kepala MAN 4 Jakarta Wido Prayoga, di Jakarta, Sabtu (27/5/2023).

Sebelumnya, untuk dapat menciptakan aplikasi EDISTA, Ayla dan Nayla melakukan riset di MAN 11 Jakarta yang merupakan salah satu madrasah inklusi di Jakarta. "Keduanya melakukan riset di MAN 11 Jakarta dengan dibimbing oleh guru-guru MAN 4 Jakarta," terang Wido.

Selain medali emas, tim MAN 4 Jakarta Selatan juga meraih penghargaan Special Awards dari Malaysia Young Scientist Organization (MYSO).