News

Kisah Mahasiswa Unsoed Raih Medali Emas di IICYMS, Saat Usung Karya Degradasi Limbah Obat-obatanz

28 Mei 2023
Event Details Images

Prestasi membanggakan dipersembahkan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) di tingkat internasional. Kali ini di ajang International Invention Competition Young Moslem Scientists (IICYMS) 2023. Pada ajang tersebut, delegasi Unsoed meraih 5 medali yakni 1 medali emas, 3 medali perak dan 1 medali perunggu. Gold medal diraih oleh tim yang beranggotakan Chika Agustin Darmawan (Kimia 2021), Rini Dwi Puspitasari (Farmasi 2019), Sanifha Hana Pradesya (Kimia 2021), dan Zia Rahmawati (Fisika 2022). "Mereka mengusung karya dengan konsep degradasi limbah obat-obatan pada kategori Environmental Science University Level," ujar Juru bicara Unsoed.

Dengan mengusung pembuatan biopellet dari limbah kayu di bawah bimbingan Bapak Ropiudin, S. T.P., M. Si. Silver medal kedua diraih oleh tim yang beranggotakan Khansa Nabilah (Agroteknologi 2021), Puji Nur Safitri (Agroteknologi 2021), Dian Ayu Muharini (Agroteknologi 2021), Salsabila Agustina (Pendidikan Bahasa Inggris 2021), Hilalliyah (Pendidikan Bahasa Inggris 2021).Mereka mengusung inovasi teknik printing berbahan alam dari flora dan tanah di bawah bimbingan Ibu Indah Setiawati, S. P., M. P. Satu medali perunggu diraih oleh tim yang terdiri dari Anifatus Salecha (Teknik Pertanian 2020), Amara Tri Handayani (Teknik Pertanian 2020), Wasingun Adi Prayoga (Teknik Pertanian 2021), Gadis Habibah Qurrotun Ain (Teknik Pertanian 2021), Yusrotul Mufarohah (Teknik Pertanian 2021).

Mereka mengusung ketahanan energi di bawah bimbingan Bapak Ropiudin, S. T.P., M. Si. Kompetisi IICYMS bersamaan dengan NICYMS merupakan kompetisi di bidang sains terapan, yang kali ini diselenggarakan oleh UIN Sunan Gunung Djati.